Proposal Bisnis


TUGAS SOFTSKILL
ETIKA PROFESI
(PROPOSAL BISNIS AYAM BAKAR)

Disusun Oleh :
Nama Anggota / NPM      : Metalido Javadman (36414602)
Kelas                                  : 4ID15
Mata Kuliah                       : Etika Profesi (Softskill)
Dosen                                : Erian Sutantio, ST., MKKK. (NY)





LABORATORIUM TEKNIK INDUSTRI
JURUSAN TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS GUNADARMA
BEKASI
2017
BAB I
PENDAHULUAN


1.1              Nama dan Alamat Perusahaan
Nama Perusahaan   : Ayam Bakar Uenaakkk
Alamat Perusahaan : Jl. Bintara 9 No.37, Bekasi Barat, Bekasi
No. Telp                  : (021) 7620138

1.2              Nama dan Alamat Pemilik
Nama Pemilik         : Metalido Javadman
Alamat Pemilik       : Jl. Asyafiiyah RT003/001 No.46, Bekasi Barat, Bekasi
No. Telp                  : 085281644775

1.3              Informasi Tentang Bisnis yang Dilaksanakan
Perusahaan yang kami jalankan bergerak dibidang kuliner yang menjual ayam bakar. Ayam bakar disini terdapat berbagai jenis ayam bakar, diantaranya adalah ayam bakar kecap, ayam bakar pedas, ayam bakar madu, dan ayam bakar bumbu rujak.
Perencanaan sebelum membuka dan menjalankan perusahaan ini, diperlukan modal terlebih dahulu demi menunjang pembelian peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan. Perusahaan kami akan mempromosikan kepada konsumen pecinta kuliner dengan tujuan dan target perusahaan kami bisa memberikan pelayanan terbaik dengan menyajikan cita rasa yang enak. Perusahaan kami juga akan melayani pelayanan jasa pesan antar melalui pemesanan telepon, apabila konsumen tidak bisa datang langsung ketempat kami dan terima pesanan untuk acara pernikahan serta khitanan apabila membutuhkan.

BAB II
RANGKUMAN EKSEKUTIF


2.1       Latar Belakang
            Semakin tingginya peminat dan berkembangnya pertumbuhan kebutuhan konsumen pada sektor kuliner di berbagai daerah di Indonesia, maka kami selaku pembuat usaha baru ingin membuka usaha dalam bidang kuliner, yang akan menyajikan pelayanan dan cita rasa yang terbaik serta dengan harga yang terjangkau.
            Ayam bakar uenaakkk ini berdiri dengan landasan kami selaku pendiri, menyukai wisata kuliner yang telah ada dan berkembang saat ini. Kami berharap hidangan ayam bakar yang kami buat, dapat menarik dan menjangkau minat semua kalangan konsumen yang menikmatinya.

 2.2      Visi dan Misi
Visi      : Menjadi perusahaan kuliner yang memiliki kualitas cita rasa yang paling enak kepada para pencinta wisata kuliner.
Misi     : Kami terus melakukan perbaikan terus menerus demi menghasilkan cita rasa terbaik.

2.3       Lokasi
            Lokasi yang dipilih untuk pendirian ayam bakar uenaakkk ini berada di Jalan Bintara 9 No.37, Bekasi Barat, Bekasi.

2.4       Waktu Operasional
            Waktu buka untuk operasional usaha ini adalah mulai dari pukul 11.00 sampai dengan pukul 22.00.

2.5       Kesan / Counter Style
            Kesan yang kami ciptakan untuk meningkatakn minta konsumen adalah kepuasan anda adalah kepuasan kami, dengan memberikan dan menyajikan pelayanan terbaik. Pelayanan dan rasa yang baik, maka akan membuat anda ingin kembali kesini lagi dan lagi.

2.6       Konsep Promosi
            Menyajikan hidangan dengan cita rasa paling enak dengan harga yang murah meriah dan terjangkau.

2.7       Target Pelanggan
            Target pelanggan ayam bakar uenaakkk adalah berbagai macam kalangan, baik muda maupun orang tua penikmat wisata kuliner.















BAB III
ANALISIS INDUSTRI


3.1       Prospektif Masa Depan Usaha
            Terciptanya ayam bakar uenaakkk diharapkan dapat menyalurkan pencinta kuliner yang suka makanan Indonesia serta dapat mengepakkan sayap untuk mengembangkan dan membuka usaha baru ke berbagai wilayah lainnya.

3.2       Analisis Persaingan
            Dari hasil survey dan persaingan bisnis ayam bakar yang ada, kompetitor kami masih sangatlah banyak. Dengan ini kami yakin dapat menguasai dan menjadikan ayam bakar kami menjadi nomor 1 dengan menghasilkan cita rasa yang berbeda dari yang telah ada.

3.3       Segmentasi Pasar yang Akan Dimasuki
            Ayam bakar uenaakkk membuat sasaran pada pasar kelas menengah dan kelas bawah, dengan memberikan harga yang terjangkau dan proses pesan antar jika membutuhkan sehingga dapat meningkatkan dan menambah nilai jual yang ada kepada konsumen.








BAB IV
RENCANA PRODUKSI DAN RESIKO


4.1       Sumber-sumber Peralatan dan Bahan
            Sumber-sumber peralatan untuk alat masak dan alat pembakaran, kami memperoleh dan membelinya hanya di pasar tradisional. Kemudian untuk ayam serta bumbu-bumbunya kami juga sudah memiliki supplier yang menjamin ketersediaan bahan tersebut serta mendapatkan harga yang lebih murah karena kami telah berlangganan.

4.2       Evaluasi Tentang Kelemahan Usaha (Analisis SWOT)
1.      Strength (Kekuatan)
a.       Kreatif dan cepat dalam melayani.
b.      Memenuhi rasa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen.
c.       Terus berinovasi untuk menghasilkan rasa yang terbaru.
2.      Weakness (Kelemahan)
a.       Persaingan dengan perusahaan yang telah memiliki banyak cabang.
b.      Melemahnya daya beli konsumen ketika kebutuhan pokok meningkat.
3.      Oportunity (Peluang)
a.       Kami terus menjaga pelayanan dan kualitas rasa terbaik kami agar dapat bersaing dan mengepakkan sayap dengan membuat cabang baru kami.
4.      Threaty (Ancaman)
a.       Hadirnya perusahaan-perusahaan baru atau yang membuat cabang di dekat wilayah kami.



BAB V
PERENCANAAN MODAL


5.1       Sumber-sember Permodalan
            Permodalan awal untuk membuka dan mendirikan ayam bakar uenaakkk adalah berasal dari modal kami sendiri. Kami menginvestasikan untuk perusahaan sebagai bidang perdagangan dan wisata kuliner.

5.2       Modal Awal Perusahaan
            Modal awal perusahaan ayam bakar uenaakkk yang paling utama adalah etelase kaca, biaya promosi untuk pembuatan banner atau spanduk, peralatan memasak dan pembakar, ayam dan bumbu, serta sewa ruko
Tabel 5.1 Modal Awal
Etalase Kaca
Rp. 2.000.000
Banner atau Spanduk
Rp. 1.000.000
Peralatan memasak dan pembakar
Rp. 1.500.000
Ayam dan bumbu
Rp. 1.500.000
Sewa ruko
Rp. 2.000.000
Total modal awal
Rp. 8.000.000

5.3       Proyeksi Aliran Kas
            Ayam bakar uenaakkk kami proyeksikan mendapat keuntungan kotor sebesar adalah 40% dari penghasilan. Rata-rata kami dapat menjual 50 ekor ayam perhari dengan tambahan lainnya sehingga dapat diperoleh keuntungan bersih perbulan sebanyak 4,3 juta. Pada bulan ketiga kami sudah bisa balik modal dan pada bulan berikutnya kami bisa mengumpulkan untung yang didapatkan untuk kemudian mendirikan cabang di tempat lain.
5.4       Perencanaan Laba Rugi
Tabel 5.2 Perhitungan Total Biaya Manufaktur
Investasi
Biaya Tetap
Gaji Karyawan
Rp. 2.500.000
Jumlah
Rp. 2.500.000
Biaya Variabel
Minuman
Rp. 1.500.000
Makanan Ringan atau Tambahan
Rp. 1.500.000
Jumlah
Rp. 3.000.000
Biaya Lain
Transportasi Pesan Antar
Rp. 200.000
Jumlah
Rp. 200.000

Tabel 5.3 Perhitungan Total Biaya Manufaktur
Investasi
Biaya Tetap
Rp. 2.500.000
Biaya Variabel
Rp. 3.000.000
Biaya Lain
Rp.    200.000
Jumlah Total Biaya
Rp. 5.700.000

Tabel 5.4 Perhitungan Pendapatan
Pendapatan
Penjualan Ayam Bakar + Tambahan (40%)
Rp. 10.000.000
Jumlah Total Modal
Rp. 10.000.000



Tabel 5.5 Proyeksi Laba/Rugi
Proyeksi Laba/Rugi Per Bulan
Total Pendapatan
Rp. 10.000.000
Total Modal/Pengeluaran
Rp.   5.700.000
Total Keuntungan Bersih
Rp.   4.300.000
























BAB VI
PENUTUP


6.1       Kesimpulan
            Proposal ini kami susun, supaya kami dapat menyimpulkan dengan berdirinya usaha kami dapat mengembangkan sektor perdagangan dan kuliner yang ada di Indonesia. Semoga kedepannya perusahaan kami dapat membuka cabang di wilayah lainnya sehingga kami juga dapat menciptakan lapangan kerja baru.
            Akhir dari pembuatan laporan ini kami ucapkan terima kasih kepada pihak yang terlibat dan mendukung usaha yang kami dirikan. Permohonan proposal usaha ini juga kami harapkan agar menciptakan peluang usaha yang baik di sektor kuliner sesuai dengan harapan kami.

 6.2      Saran
            Agar pelaksanaan usaha dapat berjalan dengan baik, kami mempunyai sedikit saran, yaitu diantaranya:
1.      Mempunyai motivasi usaha akan terus maju dan berkembang di masa yang akan datang
2.      Memiliki komunikasi yang baik kepada konsumen
3.      Tidak mengecewakan konsumen
4.      Terus melakukan perbaikan dan menerima saran terutama dari konsumen
5.      Mengutamakan kepuasan konsumen dengan kualitas yang ada

Komentar

  1. Menurut sebuah kelompok keuangan internasional, pertanian merupakan sumber mata pencaharian utama di seluruh dunia, terutama bagi sebagian besar masyarakat miskin yang tinggal di daerah pedesaan di negara berkembang. tantangan utama bagi sebagian besar petani ini adalah akses ke keuangan. kurangnya akses ke keuangan merupakan hambatan utama bagi petani dalam meningkatkan efisiensi produksi mereka dan mengadopsi teknologi yang lebih baik. Jadi, memiliki pemahaman yang lebih baik tentang keuangan pertanian adalah hal yang sangat penting bagi petani atau orang lain yang mungkin berhubungan dengannya dalam kehidupan sehari-hari. agar setelah membaca artikel ini, kita dapat memiliki pemahaman tentang konsep keuangan dan aplikasi praktis keuangan yang penting bagi siapa saja, terutama masalah manajerial penting di bidang pertanian yang melibatkan keuangan. hubungi pedroloanss@gmail.com untuk pinjaman pertanian dan jenis pinjaman lainnya dengan tingkat 2.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer