Sumber Daya Alam



Sumber Daya Alam
A.          Pengertian Sumber Daya Alam
Sumber daya alam merupakan segala suatu yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan manusia dan kebutuhan manusia untuk menjaga kelangsungan hidupnya yang berasal dari alam dan lingkungan disekitarnya. Sumber daya alam dapat ditemukan dimana saja yaitu seperti di dalam tanah, air, udara, laut, hutan, dan lain sebagainya. Hilang atau berkurangnya ketersediaan sumber daya tersebut akan berdampak besar bagi kelangsungan hidup manusia di muka bumi ini. Tanpa udara dan air misalnya, manusia tidak akan bisa hidup, demikian juga seperti sumbar daya alam lainnya yaitu hutan, ikan, dan lain sebagainya merupakan sumber daya yang tidak saja mencukupi kebutuhan manusia, namun juga memberikan kontribusi yang cukup besar bagi kesejahteraan bangsa. Pengelolaan sumber daya alam yang baik akan meningkatkan kesejahteraan umat manusia, dan sebaliknya pengelolaan sumber daya alam yang tidak baik akan berdampak buruk bagi umat manusia.
Dalam pengertian umum, sumber daya didefinisikan sebagai sesuatu yang dapat memiliki nilai ekonomi. Dapat juga dikatakan bahwa sumber daya adalah komponen dari ekosistem yang menyediakan barang dan jasa yang bermanfaat bagi kebutuhan manusia. Grima dan Berkes (1989) mendefinisikan sumber daya sebagai aset untuk pemenuhan kepuasan dan utilitas manusia.

B.           Klasifikasi Sumber Daya Alam
Secara umum sumber daya alam dapat diklasifikasikan kedalam dua kelompok. Pertama adalah kelompok stok. Sumber daya alam ini dianggap memiliki cadangan yang terbatas sehingga eksploitasi terhadap sumber daya alam tersebut akan menghabiskan cadangan sumber daya alam. Apa yang kita manfaatkan sekarang mungkin tidak lagi tersedia dimasa yang akan datang. Dengan demikikan, sumber daya stok dikatakan tidak dapat diperbaharui atau terhabiskan. Termasuk ke dalam kelompok ini antara lain yaitu sumber daya mineral, logam, minyak, dan gas bumi.
Kelompok kedua adalah sumber daya alam (flows atau alur). Jenis sumber daya alam ini jumlah kuantitas fisik dari sumber daya alam berubah sepanjang waktu. Berapa jumlah yang kita manfaatkan sekarang, bisa mempengaruhi atau juga bisa tidak mempengaruhi ketersediaan sumber daya alam dimasa mendatang. Dengan kata lain, sumber daya alam ini dapat diperbaharui. Kelompok sumber daya alam ini, untuk regenerasinya ada yang tergantung pada proses biologi dan ada yang tidak. Ikan dan hutan misalnya, termasuk kedalam sumber daya alam yang regenerasinya tergantung pada proses biologi (reproduksi). Semetara energi surya, gelombang pasang surut, angin, udara, dan sebagainya termasuk kedalam kelompok sumber daya alam yang tidak tergantung pada proses biologi. Sumber daya yang bisa melakukan proses regenerasi , jika titik kritis kapasitas maksimum regenerasinya sudah dilewati, sumber daya ini akan berubah menjadi sumber daya yang tidak dapat diperbaharui.
Sumber daya energi disisi lain merupakan sumber daya yang digunakan untuk kebutuhan menggerakkan energi melalui proses transformasi energi lainnya. Beberapa sumber daya dapat dikekategorikan kedalam keduanya. Sumber daya alam seperti minyak misalnya, dapat dimanfaatkan untuk energi pembakaran kendandaraan bermotor.

REFERENSI
Akhmad Fauzi. 2006. Sumber Daya Alam dan Lingkungan. Jakarta:Gramedia Pustaka

Komentar

Postingan Populer